Sunday, October 8, 2017

Manfaat Daun Pecah Beling Untuk Mengobati Penyakit

15 Manfaat Daun Pecah Beling Untuk Mengobati Penyakit




http://www.tokoacep.net/15-manfaat-daun-pecah-beling-untuk-mengobati-penyakit.html

Di Indonesia segala jenis tanaman bisa tumbuh dengan subur, meskipun tempat asal mereka bukan di Indonesia. Salah satu tanaman yang tumbuh subur di Indonesia adalah tanaman pecah beling atau nama latinnya adalah Strobilanthes Cripus L dan termasuk ke dalam keluarga Acanthaceae. Pecah beling merupakan sejenis tanaman pagar, nama lain dari pecah beling adalah keji beling. Tanaman ini hidup di daerah tropis, tempat asalnya adalah madagaskar.
Pecah beling banyak tumbuh di pedasaan, mudah tumbuh di tempat terbuka dan tanah subur. Tingginya bisa mencapai 2 meter, batangnya bulat, beruas, bercabang. Akarnya tunggang, mahkota bunga seperti corong warnanya ungu atau kuning. Memiliki buah berbentuk gelondong yang berisi biji yang kecil, bulat warnanya coklat. Dari berbagai sumber, ternyata pecah beling mempunyai khasiat tersendiri untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Ini karena daun pecah beling memiliki kandungan yang banyak dan bersifat sebagai obat herbal.

Apa Saja Kandungan Senyawa Dalam Daun Pecah Beling ?

  1. Natrium mempunyai peran penting dalam mengatur keseimbangan cairan ekstraseluler tubuh atau cairan yang mengelilingi sel.
  2. Kalium mempunyai peran penting dalam mengatur keseimbangan cairan inraseluler tubuh atau cairan yang berada di dalam sel.
  3. Kalsium bermanfaat untuk membantu proses pembentukan tulang dan gigi serta diperlukan dalam pembekuan darah, kontraksi otot, transmisi sinyal pada sel saraf. Kalsium dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis.
  4. Ferum diperlukan untuk produksi hemoglobin, komponen sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh
  5. Vitamin B1 berguna dalam metabolisme tubuh.
  6. Vitamin B2 membantu tubuh membakar karbohidrat, protein, dan lemak.
  7. Vitamin C menangkal berbagai penyakit, termasuk golongan vitamin antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas penyebab kanker.
  8. Tannin berasa pahit dan kelat, yang bereaksi dengan dan menggumpalkan protein, atau berbagai senyawa organik lainnya termasuk asam amino dan alkaloid.
  9. Fosforus digunakan sebagai pnopang kesehatan tulang, gigi, otak, metabolisme hingga sel-sel tubuh.
  10. Glikosida sebagai obat jantung, sembelit, analgetikum (penghilang rasa nyeri) dan penurunan tegangan permukaan.
  11. Antiokisdan menangkal penyakit kanker.

Apa Manfaat Daun Pecah Beling Bagi Kesehatan ?

1). Batu Ginjal dan Batu Empedu
Batu ginjal dapat disebabkan oleh berbagai hal. Pada skenario yang umum, batu ginjal terbentuk ketika urin berkonsentrasi, mineral mengkristal dan menggumpal. Namun hal ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi daun pecah beling.
Kandungan kalium di dalam daun pecah beling bisa menyebabkan diuretik yang dapat melarutkan batu yang terbentuk dari garam kalsium oksalat dalam kantung kencing, ginjal dan kantung empedu. Namun karena mengandung asam silikat, sebaiknya penderita gastritis tidak meminum air rebusannya.
Untuk mengobati batu empedu : 7 lembar daun pecah beling, 25 lembar daun kumis kucing, 3 batang meniran, 1/2 genggam rambut jagung. Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 3 gelas air. Minum untuk 3 kali sehari.
Untuk mengobati batu ginjal : Rebus 30 helai daun keji beling dengan 2 gelas air minum.  Air rebusan ini diminum sekaligus untuk pengobatan batu ginjal.
2). Mengobati lever (sakit kuning)
Warna kuning yang ditimbulkan sebenarnya disebabkan karena adanya gejala sekumpulan penyakit yang mempengaruhi jaringan dan fungsi hati serta kandung empedu sehingga cairan empedu tidak bisa masuk ke dalam usus, melainkan langsung ke dalam darah serta keluar dengan air seni (kencing).
3). Ambeien (wasir)
Wasir adalah pembengkakan atau peradangan pembuluh darah disekitar anus dan bagian rektum bawah. Untuk mengobati wasir dengan pecah beling caranya : 3 lembar sampai 1 genggam daun segar, lalu rebus dengan dua gelas air selama setengah jam. Setelah dingin, saring dan minum. Biasanya penderita ambeien tidak boleh mengkonsumsi daging kambing dan makanan yang pedas.
4). Maag, Leukimia, Menurunkan Kolesterol, Sakit Pinggang dan Tumor
Maag merupakan penyakit yang ditimbulkan oleh kelebihan asam yang diproduksi oleh lambung yang menyebabkan iritasi di selaput lendir lambung, dalam kondisi normal asam diperlukan untuk membantu pencernaan dalam mengolah makanan yang kita makan.
Namun dengan mengkonsumsi daun pecah beling, maka bisa menurunkan asam lambung.Caranya : dengan merebus 3 helai daun pecah beling, kemudian minum air rebusannya untuk pagi dan sore.
5). Kencing Manis (Diabetes Mellitus)
Merupakan penyakit kronis yang muncul secara perlahan, terjadi karena adanya gangguan pada sistem metabolisme karbohidrat, yaitu pankreas tidak dapat memproduksi cukup insulin atau tubuh tidak dapat menguraikan insulin untuk mengubah gula darah menjadi energi.
Cara pengolahannya daun pecah beling untuk obat diabetes cukup sederhana. Anda hanya memerlukan 3 helai daun pecah beling kemudian rebus dan minum air rebsuannya atau makan daun pecah belingnya.
6). Sembelit, Diare dan Disentri
Disentri adalah infeksi pada usus yang menyebabkan diare yang disertai darah atau lendir. Diare merupakan buang air besar encer dengan frekuensi yang lebih sering dari biasanya. Dan sembelit adalah susah buang air besar. Untuk mengobatinya dengan pecah beling cukup merebus daun pecah beling secukupnya lalu minum air rebusan tersebut dua kali sehari.
7). Alergi dan Penyakit Kulit
Untuk Pemakaian luar seperti alergi cukup dengan merebus daun pecah beling secukupnya kemudian air rebusan tersebut di basukkan ke kulit yang bermasalah. Lakukan ini secara berulang dan setiap hari sampai sembuh.
Terimakasih telah mengunjungi website kami, semoga bermanfaat

******************


Pemanfaatan keji beling bagi kesehatan antara lain:

1. Tumor
Bahan: Daun keji beling mentah dan segar 3 lembar.
Cara pemakaian: Dimakan sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur.
Pantangan: Ikan Asin, cabai, tauge, sawi putih, kangkung, nanas, durian, lengkong, nangka, es, alkohol dan tape, limun dan vitzin.

2. Diabetes mellitus
Bahan: Daun keji beling mentah dan segar 3 lembar.
Cara pemakaian: Dimakan sebagai lalapan setiap hari.
Pantangan: Makanan yang manis-manis.

3. Lever (sakit kuning)
Bahan: Daun keji beling mentah segar 3 lembar.
Cara pemakaian: Dimakan sebagai lalapan.
Pantangan: Makanan yang mengandung lemak.

4. Ambeien (wasir)
Bahan: 3 lembar daun keji beling mentah.
Cara pemakaian: Dimakan sebagai lalapan.
Pantangan: Daging kambing dan makanan/masakan yang pedas.

1 genggam daun segar, lalu rebus dengan dua gelas air selama setengah jam. Setelah dingin, saring dan minum. Rebus ampasnya sekali lagi untuk diminum pada sore hari.

5. Kolesterol tinggi
Bahan: Daun Keji Beling mentah dan segar 3 lembar.
Cara pemakaian: Dimakan sebagai lalapan setiap hari
Pantangan: Makanan yang berlemak.

6. Maag
Bahan: 3 lembar daun keji beling mentah dan segar
Cara pemakaian: Dimakan sebagai lalapan setiap hari
Pantangan: Makanan pedas atau asam.

7. Kena racun ulat dan semut 
Bahan: Daun keji beling mentah segar 1 lembar
Cara pemakaian: Digosokkan pada bagian tubuh yang gatal hingga daun tersebut mengeluarkan air dan hancur. Dilakukan 2 kali setelah berselang 2 jam.

8. Pinggang sakit 
10 lembar daun pecah-beling. Kemudian direbus dengan sepanci kecil air. Biarkan sampai mendidih benar, lalu angkatlah dari atas api, Setelah itu dinginkan dulu kira-kira 2 jam, barulah air rebusan daun pecah-beling itu diminum segelas setiap pagi, siang dan sore.
lakukan setiap hari meminum air rebusan ini. Niscaya pinggang anda akan kuat dan tak terasa sakit lagi, begitupun buang air kecil anda akan lancar tanpa ada rasa sakit.  


9. batu ginjal
Rebus 30 helai daun keji beling dengan 2 gelas air minum.  Air rebusan ini diminum sekaligus untuk pengobatan batu ginjal. 

10. Batu Empedu
Bahan: 
7 lembar daun kejibeling
25 lembar daun kumis kucing
3 batang meniran
1/2 genggam rambut jagung

Setelah semua bahan di cuci, rebuslah dalam 4 gelas air bersih. Biarkan hingga mendidih dan air tersisa 3 gelas. Air rebusan itu diminum setiapkali usai makan (3 kali sehari) masing-masing ½ gelas selama sebulan dan kemudian hentikan meminum ramuan tradisional tersebut. Selang 3 hari kemudian resep tersebut dapat Anda konsumsi lagi

http://khasiat-manfaat-tanamanobat.blogspot.my/2013/09/khasiat-dan-manfaat-keji-belingpecah.html

No comments:

Post a Comment